11 April 2008

PEDOMAN AIRSOFTER

PEMBUKAAN
Airsoft diciptakan untuk memenuhi hasrat pencinta senjata, dan khusus untuk orang yang berjiwa extrim dan mencintai dunia militer. Pengalaman menembak dengan menggunakan strategi perang adalah cirri khas dari airsoft.
Setiap komunitas airsoft bertanggung jawab atas anggotanya dengan menegaskan satu kode etik yang menjadi pedoman bagi setiap anggotanya. Setiap komunitas memiliki aturan tersendiri sesuai kesepakatan komunitasnya, dibawah ini adalah pedoman airsoft secara umum.

PEDOMAN KESELATAMAN UMUM
1. Perlakukan unit airsoftgun yang anda miliki layaknya senjata api sebenarnya. Dengan memperlakukan unit airsoftgun layaknya senjata api sebenarnya anda dapat membiasakan diri untuk tidak membahayakan diri anda maupun diri orang lain. Walaupun mainan, hoby ini cukup berbahaya jika kita tidak mendisiplinkan diri dalam memakai atau memperlakukan airsoft.
2. Biasakan untuk memiliki anggapan bahwa senjata anda selalu dalam kondisi terisi BB. Walaupun anda yakin senjata anda kosong, fakta yang terjadi semua kecelakaan disebabkan kehilafan manusia yang selalu beranggapan senjatanya kosong.
3. Jangan mengarahkan laras airsoft anda pada seseorang maupun sesuatu yang bukan sasaran yang ingin anda tembak, karena anda dapat tidak sengaja menyakiti orang lain atau merusak benda-benda disekitar anda.
4. Jangan membiasakan diri meletakan jari pada trigger / pemicu. Jauhkan jari dari trigger ketika tidak sedang melakukan permainan airsoft. Juga pastikan bahwa senjata anda dalam posisi terkunci.
5. Selalu kosongkan magazine apabila tidak digunakan. Selain untuk keselamatan, hal ini merupakan salah satu perawatan unit airsoftgun anda.
6. Selalu lepaskan baterry jika tidak sedang melakukan permainan airsoft.
7. Jangan bermain didalam rumah, peluru dapat memantul dan dapat melukai penghuni lain atau merusak barang yang ada. Jika memiliki balita, jauhkan BB dari jangkauan balita anda.

PEDOMAN KESELAMATAN PRIBADI
1. Jangan gunakan unit airsoft Anda untuk tindakan iseng/usil. Selain dapat melukai, tindakan Anda pun dapat dituntut secara hukum, dan imbasnya rekan-rekan Anda dapat kehilangan kesempatan bermain atau memiliki airsoft jika sampai dilarang.
2. Selalu gunakan tutup pengaman unit airsoft Anda bila tidak sedang digunakan. Ini dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selain bila Anda biarkan unit airsoft Anda tetap terbuka.
3. Selalu pilih tempat yang aman untuk menggunakan unit airsoft Anda. Hindari tempat-tempat umum/ramai yang banyak dilalui oleh orang maupun kendaraan seperti taman, kebun, tempat parkir, dll.
4. Selalu simpan unit airsoft Anda dalam tempat yang aman dan tertutup (gunbag, dus kemasan airsoft, dll) dengan posisi trigger terkunci. Jangan biasakan membawa unit airsoft Anda secara ekspresif, selain dapat menakut-nakuti orang lain, Anda dapat mengundang polisi dan berakibat kepada ekses hukum.
5. Lepaskan magazine peluru secara hati-hati. Kadangkala masih ada peluru yang tertinggal dalam unit airsoft Anda.
6. Cara yang aman adalah menembakannya ke arah kosong/atas, sebelum Anda menyimpannya.
7. Jika tidak digunakan, biasakan untuk menjauhkan jari Anda dari trigger untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

PEDOMAN DALAM PERMAINAN
1. Selalu gunakan pengaman mata (safety goggle) atau masker tertutup (seperti pada olahraga motorcross) untuk keselamatan mata Anda dari tembakan langsung maupun kemungkinan pantulan dari peluru.
2. Gunakan pakaian yang baik (dan agak tebal). Akan lebih berguna jika Anda menggunakan seragam militer / polisi daripada sekedar t-shirt saja.
3. Penggunaan sarung tangan dan sepatu militer/ polisi juga disarankan sebagai perlindungan sekunder.
4. Patuhi peraturan permainan. Peraturan permainan dapat berbeda-beda di lain tempat, tetapi secara umum antara lain adalah sbb:
5. Pastikan bahwa Anda dalam keadaan sehat jasmani.
6. Anda tidak diperkenankan untuk bermain jika Anda sedang dalam pengaruh obat yang tidak memperkenankan Anda melakukan aktifitas berat.
7. Tidak diperkenankan menembak bagian leher ke atas sebagai sasaran tembak.
8. Jika sasaran/musuh Anda berada dalam jarak 5m atau kurang dan musuh dalam keadaan terkunci, teriakan peringatan untuk menyerah dengan menyebutkan FREEZE. Jika sasaran /musuh menyerah, Anda tidak diperkenankan untuk menembaknya. Sebaliknya jika sasaran/musuh tidak menyerah, Anda diperkenankan menembak ke arah kaki.
9. Hentikan tembakan Anda, jika sasaran/musuh Anda telah mengaku tertembak
10. Jika Anda tertembak, Anda dapat segera mengangkat kedua tangan Anda agar tidak ditembaki lagi (jika peraturan di tempat Anda mengharuskan Anda membawa peluit, tiuplah keras-keras), dan segeralah berjalan ke luar arena permainan yakni ke arah tempat perlindungan (safety zone) dengan tangan terus diangkat sampai ke tempat aman. Jika tidak, Anda dapat dikira sebagai pemain aktif dan ditembaki lagi.
11. Jangan menembak ke arah tempat perlindungan (safety zone).
12. Ketika Anda berada di luar arena permainan, lakukan prosedur keamanan pribadi seperti dijelaskan di artikel di atas.

0 Argumen:

Posting Komentar

Pertanyaan, Kritik dan Saran . . . . .